ok teman teman udah cape sama mikrotik ya??
kali ini saya akan ngebahas tentang Pengertian Modem ADSL dan GSM serta Perbedaannya

MODEM ADSL

Modem ADSL atau modem DSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL. Seperti jenis modem lainnya, modem ADSL merupakan transceiver. Disebut juga dengan DSL Transceiver atau ATU-R. Singkata NTBBA (Network Termination Broad Band Adapter, Network Termination Broad Band Acces) juga sering ditemui di beberapa negara.Beberapa modem ADSL juga mengelola dan membagi sambungan dari layanan ADSL dengan beberapa komputer. Dalam hal ini, modem ADSL berfungsi sebagai DSL router atau residential gateway. Blok di dalam DSL router ada yang bertugas dalam proses framing, sementara blok lainnya melakukan Asynchronous Transfer Mode Segmentation and Reassembly, IEEE 802.1D bridging dan atau IP routing. Antarmuka yang umum ditemui pada ADSL modem adalah Ethernet dan USB. Meskipun modem ADSL bekerja dalam modus bridge dan tidak membutuhkan IP address publik, modem ADSL tetap disertai IP address untuk fungsi managemen seperti alamat IP 192.168.1.1.

MODEM GSM

Modem GSM dapat menjadi perangkat modem eksternal, seperti Modem Wavecom FASTRACK. Masukkan kartu SIM GSM dalam modem ini, dan menghubungkan modem ke port serial yang tersedia pada komputer Anda.

Modem GSM bisa menjadi PC Card dipasang di komputer notebook, seperti Kartu Telepon Nokia.

Modem GSM juga bisa menjadi telepon GSM standar ponsel dengan kabel yang sesuai dan driver perangkat lunak untuk menghubungkan ke port serial pada komputer Anda. Ponsel seperti Nokia 7110 dengan kabel DLR-3, atau berbagai Ericsson, sering digunakan untuk tujuan ini.

Modem GSM khusus (eksternal atau PC Card) biasanya lebih baik untuk telepon selular GSM. Hal ini karena beberapa masalah kompatibilitas yang dapat eksis dengan ponsel. Sebagai contoh, jika Anda ingin dapat menerima pesan masuk MMS dengan gateway Anda, dan Anda menggunakan ponsel sebagai modem, Anda harus menggunakan ponsel yang tidak mendukung WAP push atau MMS. Ini dimungkinkan karena telepon mobile secara otomatis proses pesan-pesan, tanpa forwarding mereka melalui antarmuka modem. Demikian pula beberapa ponsel tidak akan memungkinkan Anda untuk benar menerima pesan teks SMS lebih dari 160 byte (dikenal sebagai "SMS" atau "SMS"). Hal ini karena pesan yang panjang sebenarnya dikirim sebagai pesan SMS yang terpisah, dan telepon upaya untuk memasang kembali sebelum meneruskan pesan melalui antarmuka modem. (Kami telah mengamati masalah ini yang terakhir memanfaatkan Ericsson R380, sementara itu tidak muncul untuk menjadi masalah dengan banyak model Ericsson lainnya.)

Ketika Anda menginstal modem GSM Anda, atau menghubungkan ponsel GSM Anda ke komputer, pastikan untuk menginstal driver Windows modem yang sesuai dari produsen perangkat. Untuk menyederhanakan konfigurasi, Sekarang SMS / MMS Gateway akan berkomunikasi dengan perangkat melalui driver ini. Sebuah keuntungan tambahan dari menggunakan driver ini adalah bahwa Anda dapat menggunakan diagnostik Windows untuk memastikan bahwa modem sudah berkomunikasi dengan baik dengan komputer

PERBEDAAN MODEM GSM DAN ADSL

Modem GSM : Berukuran kecil seperti Flash Disk memakai Port USB dan memakai kartu SIM 
Modem ADSL: Berukuran Besar memakai kabel LAN dan memakai kabel telepon


sampai disini dulu ya temen temen, saya mau makan dulu nih haha
lanjut di thread saya selanjutnya :)